Its simple..


Senyum adalah ibadah

Seulas senyum yang menghiasi wajah, memang lebih enak dilihat dibandingkan bibir cemberut. Apalagi senyuman dengan memperlihatkan deretan deretan gigi yang putih bersih. Pasti, orangpun akan senang berlama lama menatap wajah itu.

Ya…gigi… gigi yang putih, bersih dan sehat tentunya. Siapa coba yang tidak menginginkannya, tak terkecuali sayah. Perawatan gigi yang intensif sebenarnya bisa menjaga kesehatan gigi. Namun sayang, kesadaran ini baru sayah rasakan beberapa tahun terakhir ini.

Semenjak gigi susu sayah tanggal dan berganti dengan gigi yang baru, dokter gigi bukan lagi orang yang harus sayah takuti karena akan mengobrak abrik mulut sayah dengan suara mendenging dari bermacam macam peralatan tempurnya. yah meskipun saya mendatanginya jika saya sedang sakit gigi atau hendak mencabut gigi yang belubang.

Entah kenapa dokter gigi di kampung, tidak pernah menyarankan untuk melakukan perawatan pada gigi sayah yang berlubang itu. hanya satu kata, DICABUT. dan akhirnya 3 gigi geraham sayah menjadi korbannya hingga sayah lulus SMA.

Hingga 2 tahun belakangan ini, geraham kanan atas sayah berlubang. Sayah tau itu, tetapi karena masih belum sakit gigi, sayah tidak segera memeriksakannya. hingga akhirnya saya merasakan pusing akibat gigi itu. Detik itulah, saya kembali berkutat dengan dokter gigi lagi.

Seperti yang sudah terprogram di otak sayah, gigi yang berlubang… ya harus dicabut, biar gak sakit lagi. Namun, hal itu di tolak mentah mentah dengan dokter gigi sayah, dengan alasan struktur gigi sayah sudah mengalami pergeseran sehingga membuat jarak antar gigi. dan dokter gigi sayah itu menganjurkan untuk melakukan perawatan. Akhirnya sayahpun menurutinya, daripada 5-10 tahun nanti sayah ompong…😀

Tadinya, hanya gigi yang sakit itu saja gigi yang bermasalah, ternyata hampir setengah gigi sayah bermasalah *mringis kuda*. Gigi yang terlihat baik baik saja, bisa saja karies. Hmm, gampangnya kl di permukaan gigi geraham kita keliyatan ada coklat coklat seperti sisa makanan, itu yang disebut karies. Karies bisa bikin gigi berlubang. Yah itu sedikit penjelasan yang sayah tangkap.

Perawatan satu gigi dengan gigi yang lain berbeda-beda, tergantung kasusnya. ada yang sekali tambal selesai, itu karenan karies tidak terlalu mengakibatkan efek. Ada juga yang sudah kena sampe jaringan pulp-nya *entah makanan jenis apa ini?* . Dan gigi geraham kanan atas itulah yang paling parah, karena sudah kena ke saraf *entah saraf apa?*. Dan sampai sekarang sedang dalam perawatan…fyuuuh….

Sebenernya simpel, asal rajin gosok gigi minimal 2x sehari dan periksa gigi setiap 6 bulan sekali, sayah rasa… sayah tidak akan mengalami hal ini….

5 thoughts on “Its simple..

  1. Bibir tersenyum memang lebih baik dibandingkan bibir cemberut, tapi lebih baik lagi jika itu sebuah senyuman yg tulus bukan senyum yang manis di bibir saja.
    *Lain dikata lain dihati*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s