White Gold

Salah! ternyata saya salah selama ini… Dan, informasi yang saya dapatkan ternyata juga gak akurat 100%. Kalau katanya, emas putih itu halal bagi pria karena emas putih itu adalah platina. Jadi, gak masalah kl pria memakai cincin dari emas putih.

Dan informasi itu tetep saya simpan di memory. Takut diboongi kualitas dan harga, akhirnya kami rela dan nekatin diri untuk membeli cincin di toko besar yang sudah punya nama, meskipun harganya suangat mahal *saking mahalnya*. Dengan asumsi, its real platina. Dan bodohnya, kami tidak mengkonfirmasikan lagi hal itu. *bodoh bodoh bodoh sambil jedotin kpala ke tembok*.

Jadi kemana aja sayah slama ini? membiarkan maskuw mengambil dan meletakkan bara api neraka ke tangannya1]. Ya Rob, ampunilah kami yang bodoh ini…:(

Ternyata, ada 2 istilah ’emas putih’ yang ada di masyarakat:

  1. emas putih a.k.a platina. Disebut emas putih dikarenakan harga platina murni ini sangat mahal, lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning. Dan sangat jarang ada toko yang menjual perhiasan dari platina ini, karena harga sangat mahal sehingga peminatnyapun jarang.
  2. emas putih yang bercampur dengan emas kuning dan logam lainnya. Emas putih jenis inilah yang banyak dipasaran. karena harganya jauh lebih murah dibandingkan platina, meskipun memang lebih mahal dibandingkan dengan harga emas kuning. Emas putih jenis ini, mengandung sedikitnya 65% emas kuning *see…..* dan sisanya barulah campuran dari platina/palladium, nikel dan seng.

 
Menurut informasi, hal ini sudah pernah ditayangkan di acara Halal Haram MUI *kl gak salah di MetroTV*. Dan secara langsung saya juga mengkonfirmasikan hal ini ke toko emas tempat saya membeli cincin tercinta, dan mereka memastikan bahwa emas putih yang ada di pasaran, adalah emas putih yang berbahan dasar emas kuning.

Yah, sekedar sharing…. mungkin ada yang punya ilmu lebih dari apa yang saya miliki…monggo dishare…. ^_^

1] Al-Bukhari dan Muslim masing-masing dari Al-Bara’ bin Azib Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki memakai cincin emas di tangannya, maka beliau memintanya supaya mencopot cincinnya, kemudian melemparkannya ke tanah, seraya bersabda “Salah seorang dari kalian sengaja mengambil bara api neraka dan meletakkannya di tangannya” [Hadits Riwayat Muslim dalam kitab Shahihnya, bab Pakaian 2090]

8 thoughts on “White Gold

  1. Salaam kenal,
    Emang emas putih ada campuran emas kuningnya, kalau platina bukan emas putih…
    Kalo aku buat aku cicin kawin pake emas putih dan kuning, buat laki ku pake perak😉

  2. apa kaitannya pakai emas dengan neraka,neraka tempat orang berdosa, pakai emas memang karunia Tuhan Yang memang Maha baik .
    dan terjadinya ada emas karena ada meteor yang jatuh beberapa milyard yang lalu terus jadi kerak bumi dan manusia sebutnya emas dan jadi perhiasan untuk mempercantik diri dan mempercantik diri itu naluriah baik laki2 maupun perempuan itu bukan kehendak manusia tapi naluri yang dibuat oleh Tuhan.begono bung.
    yang mboten mboten saja…………………..

  3. Emang ayat mana di Al-qur’an mbak yang menyebutkan klo pria ga bole pake perhiasan dari emas?

    Klo menurut saya pribadi siy, memakai cincin kawin itu kan salah satu identitas klo pria tersebut sudah beristri dan menghindari fitnah….toh saya yakin pria2 tersebut juga ga ada niat bahkan pikiran make cincin itu untuk menyerupai perempuan….

    Tapi ya semua itu memang kembali ke individu masing-masing…

  4. Bila kita adalah Muslim dan Nabi kita adalah Muhammad SAW, marilah kita patuhi petuah kanjeng Nabi. Termasuk dalam urusan emas. Kalau bukan Muslim, tidak perlu ikut-ikutan kanjeng Nabi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s