Grow Chart Athaya

Bermula dari chit-chat ama tetangga, yang ngebahas tentang berat badan bayi-nya yang berada di chart -3 (growchat versi WHO). Nah lo? Saya-pun jadi tergoda untuk ngintip buku periksa Athaya. Hmm, terakhir ke dsa pas Athaya umur 1 tahun 4 bulan. Waktu itu dia muntah-muntah yang seharinya sampe 10 kali #wew. Inget banget! Itu gara-gara saya kasih dia serabi bantol yang dijual dipasar….😀. Mungkin karena kurang higienis, makanya daya tahan tubuhnya bereaksi *maafin bunda ya nak… #nyesel gak abis abis sampe sekarang.

Jujur saja, saya adalah tipe orang tua yang tidak terlalu aware dengan berat bada athaya. Karena selama ini, pola makannya Athaya sudah sesuai ama piramida makanan. Alhamdulillah dia buka type pickyeater, segala yang ada dimakan juga. Ya memang ada kondisi-kondisi tertentu dimana dia aksi GTM (Gerakan Tutup Mulut). Disaat seperti itu, sangatlah menguji kesabaran dan krativitas saya, biar bisa bikin makanan yang menarik perhatiannya. And I think, its so natural…

Meskipun terkesan cuek, tapi paling sebel  dan esmosi tingkat tinggi kalo ada yang bilang berulang-ulang kok “Athaya kurusan sih?“. Ya eyaalaah, ngebandinginnya ama Athaya waktu masih baby, yang cuma bisa mimik-tidur-mimik-tidur. Nah sekarang dia udah  gak cuma mimik-tidur-mimik-tidur aja, tapi udah mulai belajar tengkurep, mulai belajar duduk, mulai belajar berdiri, berjalan berlari. Dulu juga, dia ga bisa bilang “engga”,  nah sekarang udah picky eater. Gak cocok dikit di mulut, udah susah aja makanan masuk. Ya, meskipun dibalik itu semua sering terpikirkan juga oleh saya “Jangan-jangan Athaya cacingan?”, karena memang menggiurkan jika ngeliat temen sebaya Athaya yang berbadan ginuk-ginuk, ah sungguh menggemaskan! Meskipun begitu, seringkali pula, pertanyaan-pertanyaan itu saya tangkis dengan pembenaran dari diri saya sendiri, seperti :  “Aaaaaah, sehat kan ga berarti harus gemuk…” atau “Athaya lumaayan aktif, jadi wajar kalo dia susah nambah berat badannya”. Hehehehe…. Yang penting anak kita sehat dan ga sakit-sakitan… Bukannya nanti gedenya juga pada bingung mau langsingin badan….wkwkwkkww….

Back to growchart, akhirnya saya mulai nge-plot berat badan Athaya. Kebetulan abis BW, dapet growchart lucu disini … Di web tersebut, kita tinggal insert aja berat badan dan tinggi badan anak per bulannya. Tinggal submit, jadi deh grafiknya…..^^.

Di bawah ini, growchart Athaya berdasarkan tinggi badannya. Hiks, jadi nyesel karna ga rutin ngukur tinggi badan Athaya. Growchartnya jadi ga keren nih…😀.  Ya, it’s become my homework for the next babies… 😉 #yey p^_^q.

Kalau dilihat dari grafik tersebut, tinggi badan Athaya termasuk yang di bawah rata-rata. Rata-ratanya, adalah yang berada di area berwarna kuning  (50 persentil). Lantas, apakah saya menjadi khawatir? NGGA sama sekali, karena saya merasa wajar dan berkaca diri. Kenapa? Saya sendiri tidak berbadan tinggi semampai layaknya model-model itu, begitupun dengan suami, yang tidak berbadan tinggi seperti pemain basket. Jadi wajar jika tinggi Athaya segitu. Toh dengan olahraga seperti renang juga bisa genjot tinggi badannya….😉

Nah, ini growchart Athaya berdasarkan berat badannya…

BB Athaya ini kliatan sangat meningkat tajam di usia 0-4 bulan.  Bahkan di bulan ke-3 dan ke-4, BB-nya di luar garis pelangi. Waktu itu, sempet khawatir overweight. Amazing juga denger penjelasan dsa-nya Athaya “Bu, gada ceritanya anak ASI itu overweight. Susui aja selama dia mau, itu HAK-nya dia. Ga usah di bates-batesin”.

Dan memang bener, selanjutnya BB-nya stuck di angka 8.2 – 8.5  kgs sampe umur  tahun. Abis itu, turun karna muntah-muntah dan mencret itu. Dan sampe umur 2 tahun ini dia cuma naik 1.95 kgs saja. Dimana usia-usia tersebut, Athaya mulai “bergerak”. Merangkak, duduk, berdiri, rambatan, berjalan, berlari dan semua tingkah polahnya bersama teman-temannya. Serasa jadi ada untungnya “menabung” BB sebelum dia “bergerak”😀.

Jika diambil rata-rata, athaya memang ada di kisaran persentil 10 – 25%. Artinya, Ada sekitar 75 – 90 % anak  sebaya Athaya yang mempunyai berat diatas Athaya, dan hanya sekitar 10 – 25% yang mempunyai berat dibawah berat Athaya.

Lantas apa kata dsa-nya? Nah, menurut si dokter,  Idealnya, diatas setahun penambahan berat badannya 500 gram per 3 bulan, sekilo setiap 6 bulannya. Aah, ini kurang sedikit kok bu, kurang 50 gram aja“. Wiiih, ternyata emang ga salah pilih dsa. Selain dia Pro ASI, dia juga ga obat minded, tipe pendukung HT (Home Threatment). Diapun ga suspect-in Athaya terkena penyakit yang aneh-aneh. OOh pokoknya ngademin banged deh nih dokter. Cuma sayangnya dia agak kurang setuju dengan UHT. Padahal saya UHT mania… #yey.

Sependek pengetahuan saya, sepanjang masih berada di dalam grafik pelangi, bisa di bilang its Okay and Dont worry! Meskipun berada di persentil paling bawah, ya kan bukan berarti anak  kita dalam masalah. Bukan hanya berat badan yang menjadi patokan, gen juga mempengaruhi pertumbuhan anak kita. Kasarnya, kalo ibu bapaknya tinggi, ya kemungkinan besar anaknya juga akan tinggi, begitu juga sebaliknya. Dan yang perlu dipahami bahwa growchart tersebut kan dibuat berdasarkan rata-rata pertumbuhan anak di usia tersebut, jadi yaa… ga harus 100% harus nge-plek banget ama apa yang ada di growchart. Growchart,  memang berguna untuk melihat progress bayi kita. TAPI, bukan berarti kita hanya terfokus pada growchart saja, ya gaa?

Smoga bermanfaat ^^

Jadi nyesel, ga rutin ngukur berat badan ama tinggi athaya. Jadinya grafiknya gak keren gitu…. PR untuk next babies nih…😉

9 thoughts on “Grow Chart Athaya

  1. #eaaa saya masih belum punya anak jadi belum mengerti.tapi ya asal sehat dan berada di grafik pelangi sih harusnya gak perlu kuatir ya. toh ini hanya salah satu indikator tumbuh kembang anak.

    semangat, Mom😀

  2. Teringat dengan Anak pertama kami Athaya Ardi Pradana «”Karunia Allah pada Ardi/ Bumi sebagai anak pertama”». Tidak terasa Athaya sudah berumur 3 bulan. Alhamdulillah puji sukur kehadirat Allah SWT, bahwa dng karunianya selama -/+1.5 tahun, akhirnya Kami telah dipercaya memegang amanah dng kehadiran Athaya ditengah-tengah keluarga kami yg pada saat ini sudah berusia 3 bulan. Athaya anak yang sehat, ganteng & smart mudah2n kelak jd anak yg sholeh berbakti kpd ke2 Orang tuanya. Insya Allah dng amanah yg kau berikan kpd kami ya Allah, kami akan jaga agar kelak dia berada di jalan AgamaMU “Islam”.

    R.Moechtar & Ryna Miyarti.

  3. mw tnya momz 1 cm brl inch ya? trs itu pounche mksdnya sama ga dg pons,,ounche itu ons? kloy brp konversi 1kg berpa pounch/ounch, mkasiy

    • hehehe…. ga apal mba. monggo diliat aja kalkulator konversi😀
      kalo ga salah untuk aplikasi itu tinggal masukin aja berat badan ama tinggi ntar otomatis dikonversikan. Sorry dah lama ga buka-buka aplikasi itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s