Aliyya 3Month

2013-03-29 10.08.57

Tepatnya 4 hari lagi, Aliyya genap berusia 3 bulan tapi gapapa kan kalo saya posting sekarang? Mumpung mood nulis menggebu :)) *efek diracunin ama teman-teman di forum blogfam*. 

Bukan cuma saya dan suami yang bilang kalau Aliyya ini fotocopy-annya Athaya, tapi semua orang yang tau kecilannya athaya pasti bilang hal yang sama. Apalagi kalau udah pake baju lungsuran, hahhaha….plek ketiplek! Sampe untuk urusan kulit juga sama, sama sama alergi seafood dan turunannya. Kok saya tau? Ya karena waktu atha saya sempat “puasa” makanan pencetus alergi. Apa sajakah itu? Menurut dokter Gunawan, makanan pencetus alergi itu ada 4, yaitu:

  1. Telur dan turunannya.
  2. Kacang kacangan dan turunannya
  3. Susu sapi dan turunannya
  4. Seafood dan turunannya

Turunan disini maksutnya semua makanan yang mengandung unsur dari bahan makanan tadi. Misalnya, kue yang ada telornya atau jus yang ada susunya ataaau martabak manis isi coklat-kacang atau… terasi! *ngetik sambil ngiler ngebayangin semua makanan itu*. Sedangkan puasa disini, maksutnya sama sekali tidak memakansemua jenin makanan pencetus alergi selama satu bulan. Waktu itu, saya hanya makan daging + sayur sayuran sampai ngeliat menu di meja aja udah males. Setelah sebulan, barulah coba salah satu makanan pencetus alergi satu persatu selama 1-2 minggu. Dilihat, apakah ada reaksi alergi dengan makanan tersebut. Terus begitu bergiliran untuk keempat makanan tadi. Nah, kebayang kan berapa banyak makanan enak yang harus saya hindari? Jadi sebenernya itulah alasan kenapa berat badan saya devisit :))

Alergi itu sendiri bukan hanya disebabkan oleh makanan, tapi bisa juga karena udara/debu, obat obatan maupun serangga. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat disini dan disini.

Susah susah gampang punya anak yang alergian gini karena bener bener harus menjaga makanan, apalagi kalau masih asi. Ibunya harus ektra hati-hati hati alias jangan sampai kecolongan untuk tidak mengkonsumsi bahan makanan pencetus alergi tadi, kalau ngga… reaksi alergi bisa muncul. untuk kasus athaya dan aliyya, reaksinya berupa ruam ditubuhnya terutama dilipatan lipatan leher, tangan dan kaki. Hiks, sedih dan amat sangat merasa bersalah kalau udah ngeliat mereka merah merah begitu😦. Dan mesti dijaga agar ruam itu ga bertambah parah apalagi infeksi, persoalan akan jadi tambah runyam….

Jadi, tetap semangat ya demi aset seumur hidup ini! #selfnote

 

3 thoughts on “Aliyya 3Month

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s