Conquer the yest!

Soft Bread

Yesss! Ini hasil midnite baking saya. Softbread ala NCC, menul-menul kaya pipi Aliyya, hihihihi. Berawal dari curhatan aiya yang belum maksi, padahal udah jam 4 sore dan blio bilang “…. enaknya bawa bekel roti bun jadi bisa buat cemilan”. Oh… ok! Kode nih😀

Sebut saja beberapa tahun lalu, ketika saya masih ngekost. Masih belum punya peralatan baking, ngga ada mixer apalagi oven adanya cuma kukusan ama penggorengan. Itupun punya ibu kost hahaha…., tapi saat itu pengen banget nge-baking. Cari-carilah resep yang bebas oven dan mixer. Tattaraaaa….nemulah resep martabak manis, kliatannya gampang bin ga ruwet. Oiya, saat itu juga belum punya timbangan dooong…. jadilah pake ilmu kira-kira. Hihihi jadi pengen ketawa sendiri kalau inget. terus terus…pasti pada penasaran dong gimana hasilnya? Hasilnya adalah GATOT alias gagal total. Gosoooong  tapi atasnya masih belum kering. Fyuuuuh…….. susah ternyata!

Kapok? Nggak dooong…. Saya menganggap kegagalan waktu itu karena nimbang bahan bahannya ga akurat. Jadi pas udah pindahan ke rumah sendiri, belilah timbangan kue. Nyoba lagi dong… Bahan – bahan ditimbang dengan teliti. Step by step diikuti. Hasilnya? Bisa dilihat disini,  tetep aja GATOT. yaaa… sutralah, beli aja di abang-abang lebih enak, lebih praktis. *nyerah mode on*. Sejak saat itu, saya menghindari baking dengan ingridient ragi. Cukup sudah cukup.

Ternyata itu kisah 5/4 tahun yang lalu, dan baru sekarang berani nyoba lagi dan BERHASIIIIILLLLL….. Yah meskipun tangan ampe gempor mesti ngulenin manual. Begitu liat adonan yang mengembang pas di oven itu rasanya bahagia pakai banget. Girangnya ampe berhari-hari, padahal si roti udah ludes. Ngliyatin fotonya sambil senyam senyum sendiri. Sumpah, lebay banget jadinya.😀

Siang tadi, tiba-tiba Athaya pengen makan bakpao. Walah, ga jauh beda ama aiya. Kebetulan masih ada bahan bahan sisa bikin softbread. Waktu itu hanya bikin setengah resep, takut gagal karena ada beberapa bahan yang saya skip. Jadi kalaupun gagal ga kebanyakan makan roti bantat😀. Nyari resep bakpao yang ga pakai tepung tang mian, karena liat beberapa merk ngga ada kode halalnya. Alhamdulillah nemu juga resep bakpao dari blognya mba hesti.

Bikinnya sengaja pas Athaya dan Aliyya bobo, biar ga keganggu pas lagi ngulenin. Eh, rencana tinggal rencana…belum selesai baby Aliyya melek. O-Ow! Ditarohlah si baby ini di lantai, dengan harapan dia main sendiri dan saya bisa tetep ngulenin. Tapi tingkahnya yang udah aduhai lincahnya, membuat saya berkali kali harus nglirik dan ngangkut dia ke zona aman. Muter-muter ga karuan sampai akhirnya diapun bosen, dan saya pun juga sudah menyerah ngebanting banting adonannya. Belum begitu kalis adonannya saya diamkan sesuai instruksi. Lhah kok ga gitu ngembang ya. Mulai panik. Akhirnya diulenin lagi, terus didiemin lagi. Hasilnya sama. Waaah bakalan gagal nih.

PhotoGrid_1373478595886

Tetapi, saya tetap lanjutkan perjuangan, bismillah kalaupun gagal cuma 10 biji ini. Buat cemilan menjelang sahur, hahaha menghibur diri. Syukurlah, pas di kukus adonannya mulai ngembang. Fyuuh…. *elap kringet*.  Itulah penampakan bakpaonya, empuk. Enak banget kalau baru diangkat dari kukusan. Bun, lain kali bikin yang rasa kacang ijo ya, request aiya, hahhaha…. beliin mixer yang canggih doong aiy :p

Bakpao Ayam

Catatan kecil buat saya sendiri, ternyata kalis itu ga harus di ulenin sampe berjam jam. 20-30 menit sudah cukuplah dengan frekuensi ngebanting cukup sering. Dan jangan berharap bisa sampe kulit martabak yang ditarik ga akan sobek. Lupakan! Hahhaah karena bikin tangan pegel :p

Biar ga lupa, berikut resep softbread bu Fat dan Bakpau dari blog mba hesti.

Soft Bread NCC
by Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver ( skip)
4 btr     kuning telor
200 ml  air es
½ sdt    garam

Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Taruh adonan di panci lalu tutup cling wrap biarkan 30-45 menit hingga 2x ukuran semula.
Kempiskan adonan dan timbang2 lalu isi sesuai selera.olesi susu evaporate.
Panggang dengan suhu 170 C selama 12 menit, di rak bagian tengah.

Bakpao

Bahan Kulit Bakpao :
  • 280 gr tepung protein rendah
  • 140 gr tepung protein sedang
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus 1 sdt baking powder
  • 1 1/2 sdt ragi instan
  • 250 ml susu hangat (bisa kurang or lebih sedikit)
  • 1 sdm minyak

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung, gula, garam, ragi dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan susu cair hangat sambil dimixer sampai tercampur. Tambahkan minyak. Mixer lagi sampai kalis dan lembut.
  3. Tutup cling wrap atau serbet basah. Fermentasikan 15 menit.
  4. Gulung panjang bentuk silinder. Potong-potong. Bentuk bulat.
  5. Pipihkan. Beri isian ayam lalu bulatkan kembali, taruh diatas kertas roti atau daun pisang.
  6. Masukkan dalam kukusan yang belum menyala. Tutup. Biarkan 15 menit. Lanjutkan mengerjakan Bakpao yang lain.
  7. Nyalakan kukusan dengan pau di dalamnya. Setelah air mendidih turunkan apinya dan lanjutkan mengukus sekitar 7-10 menit.
  8. Buka tutupnya lalu keluarkan pau perlahan-lahan. Lanjutkan mengukus pau berikutnya.
  9. Siap disajikan hangat.
Bahan Isi :
  • 250 gr daging ayam cincang
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sdm bawang putih bubuk
  • 2 cm jahe (dirajang)
  • 1/2 sdt merica
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 sdm saus tiram ( saya pakai saus teriyaki)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • garam secukupnya
  • daun bawang
  • 1/2 sdt minyak wijen
  1. Tumis bawang mombay dan jahe hingga harum , tambahkan bubuk bawang putih, aduk hingga tercampur
  2. Masukkan daging ayam / babi , tambahkan merica, kecap manis, saus teriyaki, gula pasir, kecap asin , dan garam. aduk hingga rata
  3. Tambahkan minyak wijen serta irisan daun bawang, masak sampai daging agak mengering. Sisihkan

Naaah, tertarikkah untuk mencoba?

One thought on “Conquer the yest!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s