Sambel Roa

Bermula dari foto foto panganan yang beredar di grup. Akhirnya terpancing juga untuk ikutan pesen ika roa. Meskipun, belum ada bayangan gimana cara ngolahnya dan kapan. Kata suamisaya, udah pesen aa ga usah kelamaan mikir.

image

Hohoho… menggiurkan bukan? Dan benar baru hari kesekian setelah ikan itu sampai ditangan saya. Ikan itu tetep nangkring dengan manisnya di bambu bambu. Sampai akhirnya suami yang ngalah untuk mindahin ke piring. tengkyuuu aiyaaa :*

Berbekal hasil browsing, sayapun segera mengeksekusi ke duapuluh ikan roa. Malu ama suami kl harus menunda lagi… heehhe. Resep aslinya bisa dilihat disini. Tapi saya ngga mau ribet, yang tertulis ditumbuk saya masukkan ke chopper. Yang tertulis dihaluskan saya blender. Pokoknya saya memaksimalkan kerja blender dan chopper….sayamg udah beli ga dipake hehehe… Teruus… resepnyapun saya sesuaikan dengan stok yang ada didapur… jadi beginilah sambal roa ala saya

image

Sambel Roa

Bahan :
20 ekor ikan roa asap. Buang kepala, ekor dan durinya. Hancurkan dengan chopper
40 biji cabe rawit merah
2 genggam bawang merah. Hancurkan chopper
2 siung bawang putih
4 buah tomat. Hancurkan dengan chopper.
1 ruas jahe
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml minyak sayur

Caranya:
1. Blender bawang putih, jahe dan cabe rawit.
2. Tumis bawang merah sampai layu. Kemudian masukkan bumbu halus. Tumis hingga harum.
3. Masukkan tomat,tumis hingga tomat layu kemudian masukkan ikan roa sambil terus diaduk.

Tattaraaaa…jadilah sambal roa. Maknyuuus… pas dimakan sama nasi anget dan suasana ujan begini…. hohohoho…. lupakan kl aliyya alergi seafood. yuuuk makan bareeng….

2 thoughts on “Sambel Roa

Leave a Reply

